Workshop Persiapan Sekolah Penyelenggara SKS Tahun 2021

Workshop Persiapan Sekolah Penyelenggara SKS Tahun 2021

Workshop Persiapan Sekolah Penyelenggara SKS Tahun 2021

SMA NEGERI 2 PASURUAN

Narasumber: H. Mujib, S.Pd, MM

(Kepala SMA 1 Giri Banyuwangi – Kordinator SKS Direktorat SMA )

Jumat , 19 Maret 2021

Alhamdulillah, Jumat 19 Maret 2021 SMA Negeri 2 Pasuruan mengadakan Workshop untuk persiapan pembelajaran jelang tahun Ajaran baru.

Diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Pasuruan,  Drs. Gathot Suyono, beliau memberikan  wawasan tentang SKS ( Sistem Kredit Semester) terutama untuk peningkatan mutu pendidikan dan layananan pendidikan sesuai amanat UU No.20 Tahun 2003, Pasal 12 Ayat 1 point B menyatakan bahwa setiap peserta Didik pada setiap satuan pendidikan berhak memperoleh layanan pendidikan yang bermutu.

Kemudian dilanjutkan dengan materi dari bapak H. Mujib, S.Pd, MM, materi pertama tentang tipe kepribadian siswa untuk mengenali tipe-tipe kepribadian siswa saat pembelajaran, misalnya Sangunis, Koleris ( Tegas, Orientasi Tujuan, disiplin, potensi pemimpin, keras kepala, tdk peka pada orang lain). Melankolis, pendiam, pemikiran, pefeksionis, pesimis, pemikir, cenderung membutuhkan kepekaan terhadap orang lain.

Selanjutnya beliu membahas keunggulan SKS, Masa belajar Fleksibel, tidak ada siswa tinggal kelas tetapi mengulang mapel, penguatan motivasi, belajar, dll.  Pemaparan penilian SKS terutama untuk PAS (Penilaian Akhir Semester), beberapa alternatif,

A. Cakupanmateri KD yg belum di ujikan, cakupan materi 1 semester,

B.Tetapi nilannya per KD ( dikoreksi per KD),

C. Jika dalam satu kelas terdapat capaian KD yang berbeda (kelas heterogen), maka materi yang di ujikan dari KD terendah, misalnya 3.3 ; 3.4 dan 3.5, maka cakupan materi PAS adalah 3.3

2. Remidi diberikan bagi siswa yang belum tuntas dan hasil yang diinput adalah capaian kompetisi tertinggi

Kegiatan ini di hadir seluruh dewan guru, tata usaha, komite, dan pengawas kabupaten kota pasuruan, secara keseluruhan materi SKS pada proses penilaian siswa pada ranah sikap, ranah pengetahuan, ranah keterampilan yang masih menggunakan kurikulum 2013 sembari menunggu regulasi pada kurikulum 2021.

Kesiapan Dokumen SKS merupakan prasyarat untuk melaksanakan program, berikut yang diperlukan

  1. Dokumen KTSP
  2. Tersedia Dokumen Peraturan Akademik Sekolah
  3. Dll

Sistem SKS yang akan dilaksanakan di SMA N 2 Pasuruan, semua warga sekolah berperan menyiapkan hingga memberikan layanan pendidikan yang bermutu bagi siswa SMAN 2 Pasuruan. Tidak terkecuali Staf tata usaha. Alhamdulillah semua warga sekolah hadir dan mengikuti workshop hingga akhir acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *